Program Edukasi & Fasilitasi Onboarding UMKM

Kerjasama antara Bank Indonesia dengan Asosiasi E-Commerce Indonesia (idEA)

Latar Belakang

Beberapa bulan terakhir, pandemik COVID-19 menerpa Indonesia. Untuk menahan laju pandemik, berbagai wilayah menerapkan kebijakan social distancing, menggalakkan slogan Work from Home (WFH) dan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Penyebaran COVID-19 berdampak pada sebagian besar usaha UMKM di berbagai sektor ekonomi. Meski demikian, permintaan konsumen tidak sepenuhnya menghilang. Pandemi mendorong perubahan pola interaksi antara UMKM dengan konsumen. Dalam kondisi normal, pola interaksi UMKM dan konsumen relatif sederhana. Namun, pembatasan sosial pada kondisi pandemi menyebabkan disrupsi pada pola interaksi dan perlambatan aktivitas ekonomi UMKM, khususnya pada UMKM dengan pola interaksi yang masih tradisional.

Untuk mempertahankan bisnisnya, UMKM perlu beradaptasi. Pada saat ini, digitalisasi mendapatkan momentum, dan masyarakat makin tergantung pada akses digital. Untuk itu, diperlukan program akselerasi digitalisasi UMKM dengan pendekatan baru (full online) sehingga dapat menjangkau sasaran yang lebih luas. Digitalisasi menjadi salah satu alternatif solusi untuk membantu UMKM mempertahankan usahanya di era pandemi, melalui onboarding produk dan layanannya di platform digital yang sesuai dengan karakteristik usahanya.

Untuk mendorong UMKM agar tetap mampu meningkatkan jangkauan pasar, Bank Indonesia bekerja sama dengan Asosiasi E-Commerce Indonesia (idEA) menyelenggarakan Edukasi dan Fasilitasi Onboarding UMKM. Kegiatan ini merupakan bagian dari langkah nyata Bank Indonesia untuk mendorong digitalisasi UMKM dalam jangka panjang, untuk menciptakan UMKM yang tangguh dan mampu berperan dalam roda perekonomian Indonesia.

Tujuan

  • Memberikan edukasi kepada UMKM mengenai pentingnya melakukan digitalisasi usaha, termasuk menerapkan pemasaran online untuk menjaga keberlangsungan usaha.
  • Memfasilitasi UMKM agar dapat melakukan onboarding ke dalam berbagai platform penjualan secara online yang sesuai dengan pola kegiatan usahanya.
  • Mendorong UMKM untuk secara aktif dapat memanfaatkan berbagai media pemasaran untuk dapat meningkatkan penjualan produk secara online

Materi Umum

  • Business survival di era pandemi: bagaimana bertahan, mencari solusi dan siap saat recovery.
  • Pivoting product ke kategori bahan makanan dan makanan siap saji, mengapa tidak?
  • Kiat sukses menghasilkan foto produk berkualitas hanya dengan smartphone.

Materi Basic

  • Onboarding dan optimalisasi Google Bisnisku.
  • Onboarding di WhatsApp Business dan WA Marketing.
  • Onboarding di Facebook dan marketing di FB Marketplace.
  • Onboarding di Instagram dan tips Iklan di IG.

Materi Intermediate

  • Onboarding dan marketing di Gofood.
  • Onboarding dan marketing di marketplace nasional bersama Shopee.
  • Tips logistik: packing dan pengiriman lokal dan nasional.
  • Adopsi digital payment bersama LinkAja.

Materi Advance

  • Kiat sukses mengelola bisnis Agregator UMKM: fasilitasi logistik, pemasaran dan penjualan produk UMKM.